MATERI MATEMATIKA PERSIAPAN US SD


BEDAH KISI-KISI USBN MATEMATIKA
TAHUN 2018/2019
Sebelum kita mulai membedah kita harus tahu dulu, materi apa saja yang diujikan pada USBN Matematika SD tersebut. Perlu adik ketahui dalam kisi-kisi tersebut terdapat 3 level yang harus dikuasai yakni level pengetahuan dan pemahaman, level aplikasi dan level penalaran. Berikut ini kisi-kisi USBN Matematika SD secara lengkap (Hanya kami ambil pokok bahasannya):

1.Bilangan
Pada Bab Bilangan ini mencakup materi tentang:
·         Operasi hitung bilangan cacah 
Pada kesempatan pagi ini kita akan membahas Bab. Bilangan dengan Indikator sebagai berikut:
  1. Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah (minimal tiga angka).
  2. Menentukan hasil operasi perkalian dan pembagian pada bilangan cacah atau sebaliknya.
  3. Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat (positif dan negatif)
  4. Menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan bulat (positif dan negatif)
  5. Menyelesaikan masalah penalaran yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat.
Langsung saja kita bahas satu per satu indikator di atas.
1. Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah (minimal tiga angka).
Sebelum kita membahas indikator di atas, kita harus memiliki kemampuan prasyarat yang harus dikuasai yaitu mengerti aturan pengerjaan operasi hitung cmpuran;
Penjumlahan dan pengurangan :
·         Jika ada operasi dalam tanda kurung dikerjakan terlebih dahulu.
·         Jika hanya terdapat operasi penjumlahan dan pengurangan, pengerjaannya urut dari depan.
·         Biasanya anak mengerjakan dengan teknik bersusun, maka harus diperhatikan teknik meminjam dan menyimpan saat menjumlah ataupun mengurang.
Contoh soal:
1.      Hasil dari 216 + 264 – 268 = . . . .
a.       72
b.      88
c.       212
d.      288
Pembahasan:
216 + 264 – 268  =
480  – 268  = 212
2. Suhu udara di Puncak Gunung Everest -10 derajat celcius. Sedangkan suhu udara di gurun Gobi 48 derajat celcius. Maka selisih suhu kedua tempat tersebut adalah . . . . derajat celsius.
a. -38
b. 38
c. 42
d. 58
Pembahasan;
Selisih = Suhu Gurun Gobi – Suhu Puncak Gunung Everest
            = 48 – (-10)
            = 48  + 10 = 58 derajat celcius.
Nb: cari selisih ( yang besar – yang kecil )
3. Seekor burung camar terbang pada ketinggian 12 meter di atas permukaan air laut. Tepat di bawahnya ada ikan hiu berenang pada kedalaman 32 meter. maka jarak burung camar tersebut dengan ikan hiu adalah . . . meter.
a. 10
b. 20
c. 34
d. 44
Pembahasan:
Jarak burung-ikan hiu = letak camar – ikan hiu
                                    = 12  –  ( -32 )
                                    = 12  +  32
                                    = 44
Jadi jarak burung camar dengan ikan hiu adalah 44 meter.
indikator 2 : Menentukan hasil operasi perkalian dan pembagian pada bilangan cacah atau sebaliknya.
Contoh soal 1
Hasil pengerjaan dari 135 x 64 : 144 adalah . . . .
a. 60
b. 70
c. 80
d. 90
Pembahasan:
Cara 1
135 x 64 : 144 = . . . .
   8.640   : 144 = 60.
Cara 2
Contoh Soal 2
Hasil pengerjaan dari 256  x  36  :  72 adalah….
a. 512 
b. 502
c. 138 
d. 128
Pembahasan:
Contoh soal 3
Hasil pengerjaan dari 1.344 : 84 x 39 adalah….
a. 504 
b. 544
c. 624 
d. 634
Pembahasan:
1.344 : 84   x   39 = ….
     16          x   39 = 624.
Contoh soal 4
Hasil  pengerjaan dari 1.656 : 72  x  47 adalah….
a. 1.081
b. 1.181
c. 1.541
d. 1.551
Pembahasan:
1.656 : 72  x  47 =….
      23        x  47 = 1.081

·         OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT
·          Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah (minimal tiga angka). Langsung yuk kita lihat contoh-contoh soal yang sesuai dengan indikator tersebut.
Indikator : Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah (minimal tiga angka).

Contoh Soal 1
Hasil pengerjaan dari  52.698 + 37.385 – 79.265 adalah….
a. 10.728
b. 10.818
c. 11.718
d. 11.818
Pembahasan:
52.698 + 37.385 – 79.265 = . . . .
        90.083       – 79.265 = 10.818.
·         Jawaban: B.
Contoh Soal 2
·         Hasil pengerjaan dari 60.197 + 29.109 – 75.863 adalah . . . .
a.       13.243
b.      13.343
c.       13.443
d.      13.433
·         Pembahasan:
60.197 + 29.109 – 75.863 = . . . .
        89.306        – 75.863 = 13.443.
·         Jawaban: C
CONTOH SOAL 3
Hasil pengerjaan dari 96.181 – 47.239 + 21.964 adalah….
a.       70.816
b.      70.906
c.       71.806
d.      71.716
·         Pembahasan:
96.181 – 47.239 +  21.964 = . . . .
       48.942         +  21.964 = 70.906
Jawaban: B.

CONTOH SOAL 4
·         Hasil pengerjaan dari 88.105  –  59.726 + 37.284 adalah….
a.       64.563
b.      64.653
c.       65.553
d.      65.663
·         Pembahasan:
88.105  –  59.726 +  37.284 = ….
       28.379          +  37.284 = 65.663
·         Jawaban: D.

OPERASI HITUNG BILANGAN PANGKAT DUA DAN TIGA, AKAR PANGKAT DUA DAN TIGA
Bab Bilangan akar Pangkat 2 dan 3 nya dan juga bilangan kuadrat.

CONTOH 1
Hasil operasi hitung dari  49²  –  48² adalah . . . .
A.  1
B.  2
C.  87
D.  97
Pembahasan:
Untuk melakukan operasi hitung selisih pangkat dua, kamu bisa memakai rumus di bawah ini;
(bilangan 1 + bilangan 2) x (bilangan 1 – bilangan 2)
= (49 + 48 ) x (49 – 48)
= 97  x  1
= 97.
-------------------------------------------------------
452 – 422 = (45+42) x (45-42)
87x 3 =261
452 =2025, 422 =1764
2025 – 1764 = 261
-------------------------------------------------------
CONTOH 2
Dua buah persegi masing masing memiliki panjang sisi 45 cm dan 44 cm. Berapa cm² selisih luas kedua persegi tersebut?
A. 88
B. 89
C. 188
D. 189
Pembahasan:
Untuk mencari luas persegi yakni dengan rumus s x s atau S². Maka operasi hitung untuk menyelesaikan soal di atas adalah S x Spertama – S x S kedua atau S² pertama – S² kedua. Jika menggunakan cara biasa menjadi seperti ini:
(45  x  45)  –  (44  x  44) = 2.025 – 1.936 = 89.
Seperti yang telah dibahas tadi bahwa untuk mencari selisih operasi hitung pangkat 2 kita  bisa menggunakan rumus (bilangan 1 + bilangan 2) x (bilangan 1 – bilangan 2) sehingga menjadi:
= (45 + 44) x (45 – 44)
= 89  x 1
= 89

CONTOH 3
Pak Karto memiliki sebidang lahan yang berbentuk persegi dengan panjang sisi yaitu 45 meter. Maka luas tanah Pak Karto tersebut yaitu . . . m².
A. 2.025
B. 2.125
C. 2.215
D. 2.205
Pembahasan:
Untuk mencari luas persegi yakni cukup S x S = 45 x 45 = 2.025 m².

CONTOH 4:
Hasil operasi hitung dari dari 12² – √6.400 yaitu . . . .
A.  64
B.  74
C.  224
D.  234
Pembahasan:
Hasil operasi hitung dari 12² – √6.400 = 144 – 80
= 64.

CONTOH 5
Pak Bimo menjual tanahnya yang berbentuk persegi dengan panjang sisi tanah 24 meter. Apabila tanah tersebut dijual dengan harga  Rp.500.000,00/m², maka jumlah uang yang diterima oleh Pak Bimo dari hasil penjualan tanahnya adalah . . . .
A. Rp. 28.800.000,00
B. Rp. 29.800.000,00
C. Rp. 288.000.000,00
D. Rp. 298.000.000,00
Pembahasan:
Mula-mula kita cari dulu luas tanahnya yakni 24² atau 24 x 24 = 576 m².
Lalu kita kalikan dengan harga tanah per meternya yakni menjadi 576 x Rp. 500.000,00
= Rp. 288.000.000,00

CONTOH 6
Hasil  operasi hitung dari  1.331  +  6.859 adalah…..
A.  30
B.  40
C.  50
D.  60
Pembahasan:
1.331  +  6.859 = 11 + 19
= 30

CONTOH 7
Sebuah bak penampungan air berbentuk kubus dengan panjang rusuk  9 meter. Maka volume bak penampungan air tersebut yaitu . . . liter.
A.  36
B.  216
C.  3600
D.  729.000
Pembahasan:
Untuk mencari volume = r x r x r
= 9 m x 9 m x 9 m
= 90 dm x 90 dm x 90 dm
= 729.000 dm³ atau 729.000 liter

CONTOH 8
Sebuah bak penampungan air berbentuk kubus dengan panjang rusuk 4 meter. Jika bak penampungan air tersebut saat ini baru terisi setengah bagian. Maka untuk memenuhi bak tersebut membutuhkan air sebanyak . . . liter lagi.
A.  2
B.  64
C.  32.000
D.  64.000
Pembahasan:
Kita cari dulu volume seluruhnya; r x r x r = 4 m x 4 m x 4 m
= 40 dm x 40 dm x 40 dm
= 64.000 dm³ atau 64.000 liter.
Karena baru terisi setengahnya maka harus mengisi setengahnya lagi agar bisa penuh. Sehingga menjadi: 1/2  x 64.000 liter = 32.000 liter.

KPK dan FPB
bedah kisi kisi USBN SD 2019 bab KPK dan FPB.

CONTOH 1
KPK dari 36, 48 dan 64 adalah …..
A. 144
B. 288
C. 576
D. 676
Pembahasan:
Faktorisasi prima dari 36 adalah 2 x 2 x 3 x 3 atau 22x 32
Faktorisasi prima dari 48 adalah 2 x 2 x 2 x 2 x 3 atau 24 x 3
Faktorisasi prima dari 64 adalah 2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 2 atau 26  
Maka KPK dari 36, 48 dan 64 adalah 26 x 3
= 64 x 9
= 576

CONTOH 2
FPB dari bilangan 30, 45 dan 75 adalah ….
A. 30
B. 15
C. 10
D. 5
Pembahasan:
Faktorisasi prima dari 30 adalah 2 x 3 x 5
Faktorisasi prima dari 45 adalah 3 x 3 x 3 x 5 atau 33 x 5
Faktorisasi prima dari 75 adalah 3 x 5 x 5 atau 3 x 52
Maka FPB dari bilangan tersebut adalah 3 x 5 (cari bilangan faktorisasi prima yang sama dari ketiga bilangan tersebut, dan pilih yang pangkatnya paling kecil)
3 x 5 = 15.
CONTOH 3
Aqila berkunjung ke perpustakaan sekolah 3 hari sekali. Budi berkunjung ke perpustakaan setiap 4 hari sekali. Sedangkan Cantika setiap 8 hari sekali. Apabila pada tanggal 10 Februari 2019, mereka bersama-sama berkunjung ke perpustakaan, maka mereka akan berkunjung ke perpustakaan bersamaan lagi yang kedua kali pada tanggal ….
A. 4 Maret 2019
B. 5 Maret 2019
C. 6 Maret 2019
D. 7 Maret 2019
Pembahasan:
Untuk menyelesaikan soal di atas kita memakai cara KPK yaitu: KPK dari 3, 4, dan 8
Faktorisasi prima dari 3 adalah 3
Faktorisasi prima dari 4 adalah 2 x 2 atau 22 
Faktorisasi prima dari 8 adalah 2 x 2 x 2 atau 23
KPK dari 3, 4 dan 8 = 23 x 3 = 8 x 3 = 24 hari kemudian.
Untuk mencari tanggal berikutnya: 10 Februari 2019 + 24 hari = 34 Februari 2019
= 34 Februari 2019 – 28 hari (umur Februari 2019 hanya 28 hari)
= 6 Maret 2019.

CONTOH 4
Pada suatu acara bakti sosial Karang Taruna Jaya Abadi membungkus 48 bungkus mie instan, 36 kantong minyak goreng dan 60 butir telur untuk disumbangkan kepada warga sekitar yang kurang mampu. Ketiga bahan tersebut akan dibungkus dengan jumlah dan jenis yang sama. Maka jumlah mie instan dalam setiap kardus adalah ….
A. 6
B. 4
C. 10
D. 12
Pembahasan:
Untuk menyelesaikan soal di atas kita menggunakan cara FPB, perhatikan:
Faktorisasi prima dari 48 adalah 2 x 2 x 2 x 2 x 3 atau 24 x 3 –> untuk mie instan
Faktorisasi prima dari 36 adalah 2 x 2 x 3 x 3 atau 22 x 32 –> untuk minyak goreng
Faktorisasi prima dari 60 adalah 2 x 2 x 3 x 5 atau 22 x 3 x 5 –> untuk telur

Maka FPB dari 48, 36 dan 60 adalah 22 x 3 atau 12. ini sebagai jumlah bungkusan.
Karena jumlah mie instan hanya ada 48, sedangkan jumlah bungkusannya ada 12 maka akan menjadi:
48 : 12 = 4 bungkus mie instan di dalam tiap bungkusan.

CONTOH 5
Ada 3 buah lampu masing-masing berwarna merah, kuning dan hijau. Lampu merah akan menyala tiap 15 detik sekali, lampu kuning setiap 30 detik sekali, dan lampu hijau menyala setiap 40 detik sekali. Apabila ketiga lampu tersebut menyala bersaman pada pukul 20.21, maka ketiga lampu tersebut akan menyalaan bersama pada pukul ….
A. 20.23
B. 20.24
C. 20.42 
D. 20.43

Pembahasan:
Untuk menyelesaikan soal di atas kita menggunakan cara KPK
Faktorisasi prima dari 30 adalah 2 x 3 x 5
Faktorisasi prima dari 15 adalah 3 x 5
Faktorisasi prima dari 40 adalah 2 x 2 x 2 x 5 atau 23 x 5

Maka KPK dari 15, 30 dan 40 adalah 23 x 3 x 5 = 8 x 3 x 5 = 120 detik
120 detik = 2 menit jika ditulis dalam notasi jam menjadi 00.02
Waktu menyala bersamaan lagi adalah 20.21 + 00.02 = 20.23

CONTOH 6
Aqila les balet setiap 3 hari sekali. Binti les balet setiap 4 hari sekali, sedangkan Clara setiap 6 hari sekali. Jika mereka les balet bersamaan pada hari Rabu. Maka mereka akan les balet bersamaan lagi pada hari . . . .
A. Jum’at
B. Sabtu
C. Minggu
D. Senin
Pembahasan:
Kita mencari dulu KPK dari 3, 4, dan 6 yakni 22 x 3 atau 12
12 hari kemudian setelah hari Rabu hari apa ya?
12 : 7 akan menghasilkan sisa 5 ( 7 ini jumlah hari dalam seminggu, 5 adalah sisanya)
Maka 5 hari setelah Rabu adalah Senin

CONTOH 7
Prina latihan sepakbola setiap 6 hari sekali. Rudi latihan sepakbola setiap 9 hari sekali, dan Santo latihan sepakbola 12 hari sekali. Jika mereka latihan sepakbola pada hari Minggu, 15 Maret 2018. Maka mereka akan latihan bersamaan lagi pada . . . .
A. Minggu, 19 April 2018
B. Senin, 20 April 2018
C. Selasa, 21 April 2018
D. Rabu, 22 April 2018
Pembahasan:
Sepertinya tanggal dan hari sudah benar maka kita cukup memperhatikan pada harinya saja.
KPK dari 6, 9, dan 12 adalah 22 x 32
= 36
maka:
36 : 7 akan menghasilkan sisa 1 hari
1 hari setelah hari Minggu adalah hari Senin
jika digabungkan menjadi Senin, 20 April 2018.

CONTOH 8
Bu Eno mempunyai 81 buah manggis, 63 buah jeruk, dan 45 buah apel. Buah-buah tersebut dikemas dalam parsel lalu dibagikan kepada tetangganya yang kurang mampu. Setiap keranjang berisi akan buah dengan jenis dan jumlah yang sama banyak. Maka jumlah buah dalam setiap parsel adalah . . .  buah.
A. 9
B. 12
C. 15
D. 21
Pembahasan:
FPB dari 81, 63 dan 45 adalah 9 ( 9 ini jumlah keranjangnya) selanjutnya kita cari jumlah buah di masing masing keranjang atau parsel.
Manggis = 81 : 9 = 9 buah
Jeruk = 63 : 9 = 7 buah.
Apel = 45 : 9 = 5 buah
Maka jumlah buah dalam parsel menjadi 9 buah manggis + 7 buah jeruk + 5 buah apel = 21 buah.

BEDAH KISI-KISI SD 2018 MATEMATIKA TAHUN 2019 BAB PERBANDINGAN DAN SKALA

CONTOH 1:
Perbandingan umur Doni dengan Dono adalah 5 : 3. Apabila jumlah umur mereka sekarang 32 tahun, maka selisih umur Doni dan Dono adalah ….. tahun
A.  8
B.  9
C. 12
D.  20
Pembahasan:
Perbandingan umur Doni : umur Dono = 5 : 3, maka selisih umur Doni dan Dono yaitu:
 ((5-3))/((5+3)) X 32 =    X 32 = 8, jadi selisih usia Doni dan Dono adalah 8.

CONTOH 2:
Di sebuah kandang terdapat ayam dan itik dengan perbandingan 7 : 5. Jika banyak Itik adalah 75 ekor maka jumlah Ayam adalah ….. ekor.
A.  90
B.  105
C.  120
D.  100
Pembahasan:
perbandingan banyak ayam dan itik = 7 : 5. Maka banyak Ayam adalah:
 7/5 X 75 = 7 x 15 = 105 ekor.

CONTOH 3
Usia Aldo  usia Baim. Apabila selisih umur mereka 5 tahun maka jumlah umur mereka adalah …. tahun.
A.  10
B.  15
C.  20
D.  25
Pembahasan :
Perbandingan usia Aldo dan Baim adalah 3 : 2. Maka jumlah umur mereka adalah:
((3+2))/((3-2)) X 5 tahun = 5/1 x 5 tahun = 25 tahun.

CONTOH 4
Paman memiliki sebuah tongkat dengan panjang 270 cm. Rencananya tongkat tersebut akan dicat dengan warna biru, merah, dan kuning dengan perbandingan  4  :  3  :  2. Maka panjang tongkat yang harus dicat merah adalah . . . cm.
A.   60
B.   90
C.  120
D.  150
Pembahasan:
Perbandingan yang dicat biru : merah : kuning = 4 : 3 : 2 maka panjang tongkat yang dicat merah yaitu:
3/((4+3+2)) X 270 cm =  x 270 cm
= 3 x 30 cm  = 90 cm

CONTOH 5
Kelereng berwarna biru    jumlah kelereng pelangi, dan kelereng pelangi   dari kelereng hijau. Apabila jumlah seluruh kelereng yaitu 200 butir, maka jumlah kelereng pelangi yaitu…  butir.
A.  42
B.  56
C.  63
D.  84
Pembahasan:
Kita bikin perbandingan baru dari kelereng biru : pelangi : hijau yaitu 2*7 : 3*7 : 3*5 sehingga menjadi 14 : 21 : 15.
Maka banyak kelereng pelangi adalah:
 21/((14+21+15))X 200 butir
= 21/50 X 200 butir
= 21 x 4 butir
= 84 butir.

CONTOH 6
Perbandingan panjang sisi sebuah persegi A : persegi B adalah 5 : 6. Maka selisih perbandingan luas persegi A : luas persegi B yaitu ….
A.  5 : 6
B.  10 : 12
C.  25 : 36
D.  125 : 216
Pembahasan:
Perbandingan panjang sisi persegi A : persegi B adalah 5 : 6. Maka luas persegi A : luas persegi B menjadi
Luas persegi A : Luas persegi B = sisi A x sisi A : sisi B x sisi B
= 5 x 5 : 6 x 6
= 25 :  36

CONTOH 7
Perbandingan panjang rusuk kubus A dan B adalah 3 : 4. Maka perbandingan volume kubus A dengan kubus B adalah ….
A.  3  :  4
B.  6  :  8
C.  9  : 16
D.  27  :  64
Pembahasan:
Perbandingan rusuk kubus A : B adalah 3 : 4, maka perbandingan volume kubus A : kubus B menjadi:
Volume kubus A : Volume kubus B
= r x r x r kubus A  : r x r x r kubus B
= 3 x 3 x 3  :  4 x 4 x 4
= 27  :  64

CONTOH 8
Jarak antara kota P dengan kota Q pada sebuah peta adalah 3,5 cm. Apabila jarak kedua kota tersebut sebenarnya adalah 245 km, maka skala yang digunakan oleh peta tersebut adalah . . . .
A.  1 : 700
B.  1 : 7.000
C.  1 : 700.000
D.  1 : 7.000.000
Pembahasan:
Skala = Jarak pada peda : ukuran sebenarnya
Skala = 3,5 cm : 245 km
          = 3,5 cm : 24.500.000 cm   = 1  :  24.500.000/3,5
          =  1   : 7.000.000

CONTOH 9
Sebuah peta dengan skala  1  :  1.500.000. Jika pada peta tersebut jarak antara Kota A dengan Kota B adalah 6 cm, maka jarak sebenarnya antara Kota A dan Kota B adalah . . . km.
A.   9
B.   25
C.   90
D.  250
Pembahasan:
Ukuran sebenarnya pada peta tersebut = 6 x 1.500.000 cm
= 9.000.000 cm atau 90 km.

CONTOH 10
Panjang sebuah jalan yaitu  6 km. Apabila jalan tersebut di gambar dengan skala  1  :  1.200.000, maka jalan tersebut akan tergambar sepanjang pada peta sepanjang. . . cm.
A.  0,5
B.  5
C.  7,2
D.  72
Pembahasan:
Ukuran pada gambar = 6 km : 1.200.000
= 600.000 : 1.200.000
= 0,5

2. GEOMETRI DAN PENGUKURAN
Pada Bab Pengukuran dan Geometri mencakup materi tentang :
·         Satuan ukuran kuantitas, satuan berat, satuan panjang, satuan waktu, satuan volume
·         Waktu, jarak, dan kecepatan
·         Keliling dan luas segiempat
·         Keliling dan luas lingkaran
·         Sifat-sifat bangun datar
·         Bangun ruang
·         Koordinat kartesius
·         Simetri dan pencerminan

3. PENGOLAHAN DATA
Pada Bab Pengolahan Data ini mencakup tentang :
·         Penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran
·         Rata-rata hitung dan modus
·         Menentukan modus dari data yang diberikan

CONTOH 1
Berikut adalah  warna baju yang disukai 125 pembeli yang datang di Toko “Serba Indah”. Sebanyak 35 orang suka warna hijau, 30 orang suka warna putih, 40 orang suka warna biru, dan sisanya suka warna kuning. Modus warna yang disukai pembeli dari data tersebut adalah ……
a. Biru       c. Kuning
b. Hijau     d. Putih
Jawab
Diketaui:
jumlah pembeli = 125 orang.
Suka warna:
hijau = 35 orang,
putih = 30 orang, 
biru   = 40 orang.
kuning = … ?
suka warna kuning = 125 – ( 35 + 30 + 40 )
                             = 125 – 105 = 20 orang.
Ditanya:
Modus = …?
modus = nilai yang sering muncul atau nilai yang anggotanya paling banyak. dari warna yang ada.
Yang jumlahnya paling banyak adalah warna biru. jadi modusnya adalah biru (40 orang).
Jawaban: A.
CONTOH 2
Data pekerjaan 194 orangtua siswa SD Merdeka adalah sebagai berikut:
20 orangtua siswa bekerja sebagai guru/dosen
48 orangtua siswa bekerja sebagai pegawai swasta
65 orangtua siswa bekerja sebagai PNS
sisanya bekerja sebagai pedagang
Modus pekerjaan orangtua siswa SD Merdeka adalah ….
A. PNS
B. pegawai swasta
C. guru/dosen
D. pedagang
Pembahasan:
Diketaui:
Jumlah wali murid/orang tua murid = 194.
Guru = 20 orang.
pegawai swasta = 48 orang.
PNS = 65 orang.
pedagang = sisanya = 194 – ( 20 + 48 + 65 )
                              = 194 – 133 = 61 orang.
Ditanya:
Modus =….?
Modus = nilai yang sering muncul atau nilai yang anggotanya paling banyak.
Jumlah yang paling banyak atau sering muncul adalah PNS dengan jumlah 65 orang.  

CONTOH 3
Penjualan alat tulis di koperasi SD Harapan Jaya pada han Senin sebagai berikut:
Pensil 12 buah, penggaris 9 buah, bolpoin 10 buah, buku tulis 13 buah dan buku gambar 6 buah.
Modus penjualan alat tulis di atas adalah ….
a. bolpoin 
b. buku gambar
c. pensil 
d. buku tulis
Pembahasan:
Diketahui;
pensil = 12,
penggaris = 9,
bolpoin = 10,
buku tulis = 13
Ditanya:
Modus=….?
Modus= yang sering muncul atau paling banyak anggotanya.
Yang paling banyak anggotanya adalah buku tulis yaitu: 13 buah


Komentar

Postingan Populer