MATERI IPS UJIAN
RANGKUMAN MATERI IPS KELAS VI SD
1.
|
Disajikan
peta provinsi Jawa Tengah, peserta didik dapat menentukan letak salah satu
kenampakan alam buatan (waduk/bandara)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
W.Gajahmungkur
(Wonogiri), W.Wadaslintang (Peratasan Kebumen,Wonosobo), W.Cacaban (Tegal),
W.Sempor (Kebumen), W.Mrica (Banjarnegara), W.Kedungombo (Boyolali), W.Rawa
Pening (semarang)
Bandara
Ahmad Yani (Semarang), Bandara Adi Sumarmo (Solo), Bandara Tunggul Wulung
(Cilacap)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.
|
Peserta
didik dapat menyebutkankan salah satu upacara adat di pulau Jawa.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
§
Upacara
Kasada : Gunung Bromo, Jawa
Timur
§
Upacara Sekaten : Surakarta, Jawa Tengah
§
Upacara Seren
Taun : Jawa Barat
§
Sedekah
Laut : Cilacap, Jawa Tengah
§
Tedak siten,
mitoni, ruwatan, kenduri, grebegan : Jawa Tengah
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.
|
Disajikan
tabel hasil sumber daya alam, peserta didik dapat menyebutkan salah satu
manfaat sumber daya alam yang ditunjuk.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
§
Paraffin : bahan pembuat lilin
§
Grafit : bahan pembuat pensil
§
Gipsun : bahan pembuat cat tembok
§
Belerang : bahan pembuat obat-obatan
§
Tembaga : bahan pembuat kabel listrik
§
Batu kuarsa : bahan pembuat kaca
§
Batu kapur : bahan pembuat semen
§
Kayu jati : bahan bangunan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.
|
Peserta
didik dapat menyebutkan salah satu contoh cara menghargai/menjaga peninggalan
sejarah di lingkungan setempat.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
§
Tidak merusak,
tidak mencorat-coret peninggalan bersejarah.
§
Selalu
merawatnya (menjaga kebersihan lingkungan peninggalan sejarah)
§
Melestarikan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
5.
|
Peserta
didik dapat menyebutkan keragaman penemuan dan manfaatnya bagi keberlanjutan
kehidupan manusia.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
§
Listrik : sebagai sumber penerangan, sumber
energy, sarana hiburan, sumber penghasil panas, dan penghasil gerak.
§
Telepon :
mempermudah komunikasi, mempercepat laju informasi, cepat menyelesaikan suatu
masalah, lebih efektif dan efisien dalam menyampaikan pesan.
§
Computer/Laptop
: sarana mempermudah pekerjaan, sarana komunikasi, sebagai alat hiburan,
sebagai alat pendidikan, membantu dalam bidang kesehatan, sarana informasi
dan usaha.
§
Internet :
menambah wawasan dan pengetahun, mempermudah komunikasi, mempermudah
pekerjaan, sarana pendidikan, sarana hiburan, sarana bisnis & berbelanja.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
6.
|
Peserta
didik dapat menentukan keunggulan/manfaat dari penggunaan salah satu
tekhnologi komunikasi.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Keuntungan
penggunaan teknologi komunikasi :
§
Sebagai
sarana komunikasi
§
Media untuk
bertukar informasi
§
Mempermudah
pembelajaran
§
Meningkatkan
produktivitas sebuah pekerjaan
§
Hemat biaya
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
7.
|
Peserta
didik dapat menentukan salah satu contoh upaya yang dilakukan pemerintah
dalam mengatasi masalah kependudukan.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
§
Melaksanakan
program Keluarga Berencana (KB), untuk menekan laju pertumbuhan penduduk
§
Melaksanakan
program transmigrasi, untuk persebaran penduduk di kota-kota besar yang padat
ke daerah-daerah yang renggang.
§
Melaksanakan
program padat karya, untuk mengatasi masalah pengangguran
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
8.
|
Peserta
didik dapat menyebutkan salah satu peninggalan sejarah masa Hindu/Budha/Islam
di daerah setempat.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Peninggalan
sejarah Hindu :
Peninggalan
sejarah Budha :
Prasasti
peninggalan kerajaan Sriwijaya (Palembang) :
§ Prasasti Talang Batu,
§ Prasasti Talang Tuwo,
§ Prasasti Kedukan Bukit
§ Prasasti Karang Berahi (Jambi)
§ Prasasti Kota Kapur (Bangka)
Peninggalan
sejarah Islam :
§ Kitab : Suluk ( syair Si Burung Pingai, syair Perahu, syair
gurindam 12), Hikayat (Babad Tanah Jawa)
§ Pesantren : P.Tebu Ireng di Jombang, P.Lasem di Rembang,
P.Lirboyo di Kediri, P.Asembagus di Situbondo, P.As-Shiddiqiyyah di Jakarta,
P.Al-Kautsar di Medan
§ Tradisi : Ziarah, Sedekah, Sekaten
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
9.
|
Peserta
didik dapat mengidentifikasi candi-candi yang bercorak Hindu/Budha dengan
benar.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Peninggalan
candi sejarah Hindu :
Peninggalan
candi sejarah Budha :
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
10.
|
Disajikan
tabel nama-nama tokoh sejarah pada masa Hindu/Budha/Islam di Indonesia,
peserta didik dapat menentukan pasangan yang tepat.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Kerajaan
Hindu :
§
Kudungga
(raja I), Aswawarman, Mulawarman, Kerajaan Kutai I & tertua, Kalimantan
§
Purnawarman,
Kerajaan Tarumanegara, Jawa Barat
§
Kameswara I,
Kertajaya (terakhir), Kerajaan Singasari, Malang Jawa Timur
§
Airlangga,
Kerajaan Kahuripan
§
Ken Arok,
Kertanegara, Kerajaan Singasari, Malang Jawa Timur
§
Dewanya :
Brama Wisnu, Syiwa
§
Raden Wijaya
(pendiri), Hayam Wuruk, Kerajaan Majapahit
§
Gajahmada ,
patih Kerajaan Majapahit yang mempersatukan nusantara dengan Sumpah
Palapanya.
Kerajaan
Budha :
§ Dapunta Hyang (raja I), Balaputradewa (raja terakhir), Kerajaan
Sriwijaya
§ I-tsing, pendeta Budha dari Cina
§ Sakyakirti, mahaguru perguruan tinggi agama Budha di kerajaan
Sriwijaya
Kerajaan
Islam :
§ Sultan Malik as-Saleh, Kerajaan Samudra Pasai (kerajaan Islam I)
§ Sultan Ibrahim (pendiri), Sultan Iskandar Muda, Kerajaan Aceh
§ Raden Patah, Kerajaan Demak—putranya Adipati Unus (Pangeran
Sabrang Lor)
§ Sultan Agung, Kerajaan Mataram (mengarang serat sastra gendhing)
§ Hasanudin (raja I), Sultan Ageng Tirtayasa, Kerajaan Banten
§ Sultan Allaudin (raja I), Sultan Hasanudin, Kerajaan Gowa Tallo
Makassar
§ Zaenal Abidin, Kerajaan Ternate-Tidore
Wali
Songo :
1.
Sunan Gresik
/ Maulana Malik Ibrahim (pendiri pondok pesantren I)
2.
Sunan Ampel /
Raden Rakhmat (perancang kerajaan Islam I di Jawa : Kerajaan Demak)
3.
Sunan Bonang
/ Maulana Makdum Ibrahim (pencipta gending lagu jawa : Tembang Durma)
4.
Sunan Giri /
Raden, Paku (mendidik melalui permainan/dolanan)
5.
Sunan Drajat
/ Syarifuddin (menekankan sifat sosial sebagai pengamalan agama dan suka
menyantuni anak yatim)
6.
Sunan
Kalijaga / Raden Mas Syahid (menggunakan wayang & gamelan sebagai sarana
dakwah)
7.
Sunan Kudus /
Ja’far Sadiq (pendiri Masjid Raya Kudus)
8.
Sunan Muria /
Raden Umar Said (menyiarkan agama Islam di desa-desa terpencil)
9.
Sunan Gunung
Jati / Syarif Hidayatullah (menjadikan Cirebon sebagai Kesultanan dan
meletakkan dasar & pengembangan perdagangan di Banten)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
11.
|
Disajikan
salah satu peta provinsi di pulau Jawa, peserta didik dapat menentukan
kenampakan alam/buatan yang terletak di provinsi tersebut.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Kenampakan
alam :
Sungai :di Jawa Barat Citandui, Ciliwung, Citarum, di Jawa
Tengah S Serayu, Bengawan Solo, di Jawa Timur Sungai Brantas
gunung :Jawa Barat terdapat G. Salak, G. Galunggung, G.
Tangkuban Perahu, dan G. Cermai. Di Wilayah Jawa Tengahterdapat G. Slamet, G.
Sundoro, G. Merbabu, dan G. Merapi. Di Wilayah
Jawa Timur terdapat G. Arjuno, G. Bromo, G. Mahameru, dan G.
Raung.
Di Pulau Jawa terdapat beberapa cagar alam, antara lain Cagar
Alam Ujung Kulon, Cagar Alam Pangandaran, Cagar Alam Muara Angke, Cagar Alam
Cibodas, Cagar Alam Gunung Honji, dan Cagar Alam Arjuno Lajiwo.
Kenampakan alam buatan :
Di pantai utara Jawa ini terdapat beberapa pelabuhan yang
besar antara lain Tanjungpriok (Jakarta), Tanjungemas (Semarang), dan
Tanjungperak (Surabaya).
Bandara internasional Halim Perdana Kusuma (Jakarta), Bandara
Ahmad Yani (Semarang), Bandara Juanda (Surabaya),
Bandara Adi Sumarmo (Solo), Bandara Tunggul Wulung (Cilacap)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
12.
|
Disajikan
peta pulau Kalimantan (setiap propinsi diberi kode/huruf/angka), peserta
didik dapat menunjukkan daerah pembagian waktu dengan tepat.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Yang
termasuk daerah WIB di Pulau Kalimantan :
§ Provinsi Kalimantan Barat
§ Provinsi Kalimantan Tengah
Yang
termasuk daerah WITA di Pulau Kalimantan :
§ Provinsi Kalimantan Utara
§ Provinsi Kalimantan Timur
§ Provinsi Kalimantan Selatan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
13.
|
Disajikan
gambar rumah adat/tari daerah/alat music daerah, peserta didik dapat
menentukan daerah asalnya.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
§
Rumah Adat Bolon,
Sumut
§
Rumah Adat Gadang,
Minangkabau Sumbar
§
Rumah Adat
Limas, Sumsel
§
Rumah Adat
Panjang, Jambi
§
Rumah Adat
Joglo, Jateng, Yogya, Jatim
§
Rumah Adat
Lamin, Kaltim
§
Rumah Adat
Bentang, Kalteng
§
Rumah Adat
Banjar, Kalsel
§
Rumah AdatTongkonan,
Sulbar & Sulsel
§
Rumah Adat
Buton, Sulut
§
Rumah Adat
Tambi, Sulteng
§
Rumah Adat
Honai, Papua (suku Dani)
§
Rumah Adat
Badui, Banten
§
Rumah Adat
Baileo, Maluku
§
Rumah Adat
Gapura Candi Bentar, Bali
§
Rumah Adat
Kasepuhan, Cirebon
§
Rumah Adat
Krong Bade, NAD
§
Rumah Adat
Musalaki, NTT
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
14.
|
Disajikan
tabel nama suku bangsa, peserta didik dapat menentukan asal suku bangsa yang dimaksud.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
15.
|
Peserta
didik dapat mendeskripsikan istilah kegiatan
produksi/distribusi/konsumsi/industry.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Konsumsi
: kegiatan menggunakan barang
Produksi : kegiatan menghasilkan barang
Distribusi : kegiatan menyalurkan barang
Industri
: suatu kegiatan ekonomi yang
mengolahan bahan mentah menjadi barang setengah jadi/barang jadi yang
memiliki nilai lebih tinggi untuk penggunaannya.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
16.
|
Disajikan
data/deskripsi tentang salah satu perlawanan terhadap Belanda/Jepang, peserta
didik dapat menentukan nama pemimpin perlawanan.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Pertempuran
melawan penjajahan Belanda ;
§
Pangeran
Diponegoro (RM Ontowiryo) : Jawa
Tengah
§
Pangeran
Antasari : Banjarmasin Kalimantan Selatan
§
Sultan Agung
: Mataram
§
Untung
Surapati : Jawa Timur
§
Sultan
Hasanudin (Ayam Jantan dari Timur) : Makasar Sulawesi Selatan
§
Sisingamangaraja
IX : Tapanuli Sumatra Utara
§
Cut Nya Dien,
Teuku Umar, Panglima Polim : Aceh
§
Kapiten
Pattimura (Thomas Matulessy), Christina Martha Tiahahu : Maluku
§
Tuanku Imam
Bonjol : Minangkabau Sumatra Barat
§
Sultan Ageng
Tirtayasa : Banten
§
Raja Buleleng
& I Gusti Ketut Jelantik : Bali
Pertempuran melawan Jepang :
§
Perlawanan
Peta di Aceh – Cot Plieng : Tengku Abdul Jalil
§
Perlawanan
Peta di Gumilir Cilacap : Kusaeri
§
Perlawanan
Peta di Singaparna, Jawa Barat : KH Zaenal Mustafa
§
Perlawanan
Peta di Blitar, Jawa Timur : FX Supriyadi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
17.
|
Peserta
didik dapat menyebutkan pengaruh positif/negative atas penjajahan di
Indonesia.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Pengaruh
negatif :
§ Mengakibatkan penderitaan psikis
dan kesengsaraan fisik
§ Adanya pengambilan hak penduduk di
Indonesia secara paksa
§ Hilangnya harta benda dan jiwa
akibat adanya paksaan untuk bekerja dan menyerahkan harta penduduk pada saat
itu
§ Perampasan kekayaan sumber daya
alam terutama sumber daya alam yang berupa rempah-rempah dan hasil pertanian
§ Munculnya kemerosotan dalam bidang
sosial ekonomi, politik dan lain-lain
Pengaruh positif :
§ Mendapat kata-kata serapan baru
dari negara-negara yang menjajah Indonesia
§ Terdapat beberapa bangunan yang
merupakan bentuk peninggalan dari negara-negara yang pernah menjajah
Indonesia berupa sarana dan prasarana seperti pabrik gula, jalan raya ,
benteng dan lain-lain
§ Adanya reformasi dalam bidang
pendidikan lokal yang disebabkan oleh adanya interaksi antara sarjana-sarjana
Belanda yang tidak memiliki kepentingan dengan penjajahan.
§ Meninggalkan peraturan
perundang-undangan
§ Munculnya pemikiran baru mengenai
cara menanam tumbuhan yang lebih modern
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
18.
|
Disajikan
tabel nama-nama tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan, peserta didik dapat
menentukan peran tokoh tersebut dengan benar.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
§ Sutan Syahrir : golongan
muda yang mendengar I kali berita kekalahan Jepang& mendesak
Sukarno-Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan.
§ Ahmad Subarjo : golongan
tua yang menjadi penengah peristiwa Rengasdengklok, dan menjadi saksi
perumusan naskah Proklamasi kemerdekaan.
§ Ir. Sukarno : Perumus,
yang menandatangani dan yang membacakan naskah Prokkem.
§ Drs.Moh.Hatta : Perumus,
yang menandatangani naskah Prokem dan mendampingi Sukarno dalam membacakan
naskah Prokem.
§ Laksamana Takeshi Maeda :
memfasilitasi tokoh persiapan kemerdekaan dalam merumuskan naskah Prokem di
rumahnya.
§ Sayuti Melik : Pengetik
Naskah Prokem
§ BM Diah : Yang
menyiarkan berita Prokem di RRI
§ Fatmawati : yang
menjahit bendera merah putih untuk dikibarkan saat pembacaan Prokem.
§ Suhud &Latief :
yang mengibarkan bendera merah putih setelah pembacaan naskah Prokem.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
19.
|
Disajikan
tabel nama dan pernyataan peran tokoh pejuang dalam memproklamasikan
kemerdekaan, peserta didik dapat menentukan peran tokoh dengan benar.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
§ Sutan Syahrir : golongan
muda yang mendengar I kali berita kekalahan Jepang& mendesak
Sukarno-Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan.
§ Ahmad Subarjo : golongan
tua yang menjadi penengah peristiwa Rengasdengklok, dan menjadi saksi
perumusan naskah Prokem.
§ Ir. Sukarno : Perumus,
yang menandatangani dan yang membacakan naskah Prokkem.
§ Drs.Moh.Hatta : Perumus,
yang menandatangani naskah Prokem dan mendampingi Sukarno dalam membacakan
naskah Prokem.
§ Laksamana Takeshi Maeda :
memfasilitasi tokoh persiapan kemerdekaan dalam merumuskan naskah Prokem di
rumahnya.
§ Sayuti Melik : Pengetik
Naskah Prokem
§ BM Diah : Yang
menyiarkan berita Prokem di RRI
§ Fatmawati : yang
menjahit bendera merah putih untuk dikibarkan saat pembacaan Prokem.
§ Suhud &Latief :
yang mengibarkan bendera merah putih setelah pembacaan naskah Prokem.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
20.
|
Disajikan
gambar monumen/tugu yang didirikan untuk mengenang perjuangan dalam
mempertahankan kemerdekaan, peserta didik dapat menyebutkan nama peristiwa
perjuangan tersebut.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
§ Monumen Yogya Kembali, di Yogyakarta
§ Monumen Nasional (Monas) di Jakarta
§ Tugu Pahlawan di Surabaya
§ Palagan Ambarawa di Ambarawa Jateng
§ Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya Jakarta
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
21.
|
Peserta
didik dapat menunjukkan sikap/perilaku yang dapat dilakukan oleh seseorang
untuk menghargai jasa para pahlawan.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
§ Belajar dengan tekun
§ Penuh semangat dalam berkarya & bekerja
§ Rela berkorban, cinta tanah air
§ Turut menjaga keamanan ketertiban lingkungan & nasional
§ Menjalankan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
§ Mentaati peraturan perundang-undangan yang berlaku
§ Berperan aktif dalam pembangunan negara
§ Mencintai produk dalam negeri
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
22.
|
Disajikan
deskripsi tentang Agresi Militer Belanda, peserta didik dapat menentukan
penyebab terjadinya peristiwa tersebut.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Penyebab
terjadinya :
§ Agresi Militer Belanda I : Belanda mengingkari hasil perundingan
Linggarjati
§ Agresi Militer Belanda II : Belanda mengingkari hasil perundingan
Renville
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
23.
|
Disajikan
peta Sumatra / Sulawesi, peserta didik dapat menyebutkan nama provinsi hasil
pemekaran yang ada di wilayah tersebut.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
24.
|
Disajikan
peta pembagian wilayah perairan Indonesia, peserta didik dapat menentukan
jenis wilayah perairan yang diberi tanda tertentu.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
§ Perairan nusantara : penghubung antar pulau meliputi, laut,
teluk, selat.
§ Laut Teritorial : batas laut yang ditarik dari garis dasar pulau
terluar sejauh 12 mil kea rah laut bebas. (memilki kedaulatan penuh untuk
dikelola & dimanfaatkan SDA nya/eksplorasi)
§ Batas Landas Kontinen : dasar laut lanjutan dari daratan/benua
dengan kedalaman tidak > 200 mil dan jarak terjauhnya tidak > 200 mil.
(berhak memanfaatkan SDA nya & tidak mengganggu lalu lintas pelayaran
damai)
§ ZEE : diukur dari garis dasar sampai sejauh 200 mil kea rah laut
bebas. (berhak memanfaatkan SDA, Negara asing bebas melakukan pelayaran &
penerbangan namun tidak boleh memanfaatkan SDA nya)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
25.
|
Disajikan
data keadaan sosial salah satu Negara ASEAN, peserta didik dapat menentukan
nama ibukota Negara tersebut.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
26.
|
Peserta
didik dapat menyebutkan nama mata uang salah satu Negara ASEAN.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
§ Indonesia : Rupiah
§ Malaysia : Ringgit
§ Singapura : Dolar
Singapura
§ Thailand : Bath
§ Brunai Darusalam : Dolar Brunai
§ Vietnam : Dong
§ Laos : New Kip
§ Myanmar : Kyat
§ Kamboja : Riel
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
27.
|
Disajikan
gambar peta Asia Tenggara, peserta didik dapat menentukan hasil utama negara
yang dimaksud.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
§ Malaysia : Timah,
karet, dan kelapa sawit
§ Singapura : Industri,
perdagangan, dan jasa
§ Brunai Darussalam : Minyak bumi & gas alam
§ Thailand : beras,
karet, dan industry
§ Myanmar : minyak,
tembaga, beras, jagung, dan kapas
§ Vietnam : beras,
jagung, karet, kayu jati, dan batubara
§ Kamboja : beras, kopi,
karet
§ Laos : Padi dan
jagung
§ Filipina : gula,
karet, kopi dan hasil industry
§ Timor Leste : hasil
pertanian
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
28.
|
Disajikan
deskripsi salah satu negara ASEAN, peserta didik dapat menentukan hasil utama
negara yang dimaksud.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
§ Malaysia : Timah,
karet, dan kelapa sawit
§ Singapura : Industri,
perdagangan, dan jasa
§ Brunai Darussalam : Minyak bumi & gas alam
§ Thailand : beras, karet,
dan industry
§ Myanmar : minyak,
tembaga, beras, jagung, dan kapas
§ Vietnam : beras,
jagung, karet, kayu jati, dan batubara
§ Kamboja : beras, kopi,
karet
§ Laos : Padi dan
jagung
§ Filipina : gula,
karet, kopi dan hasil industry
§ Timor Leste : hasil pertanian
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
29.
|
Disajikan
daftar Negara di Asia/Eropa, peserta didik dapat menentukan sebutan dari nama
yang ditunjuk.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
30.
|
Disajikan
tabel nama peninggalan sejarah/bangunan terkenal/ 7 keajaiban dunia, peserta
didik dapat menentukan asal peninggalan tersebut.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
§ Indonesia : Candi
Borobudur
§ India : Taj
Mahal
§ Arab Saudi : Kabah
§ RRC :
Tembok Besar Cina
§ Italia :
Colleseum
§ Italia :
Menara Pissa
§ Mesir :
Piramida dan Sphinx
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
31.
|
Disajikan
gambar peta benua Eropa, peserta didik dapat menentukan salah satu kenampakan
alam dari peta benua tersebut
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
§
Pegunungan Alpen
(Prancis, Italia, Swiss, Austria, dan Jerman), Pegunungan Pyrenees (Spanyol
dan Prancis), Pegunungan Karpatia (Polandia, Ukraina,
dan Rumania), Pegunungan Apennina (Italia), Pegunungan Balkan (Bulgaria,
dan Yugoslavia), Pegunungan Ural (Rusia), Pegunungan Kaukasus,
(Rusia), Gunung Elbrus (5.633 m) di Georgia, tertinggi di Benua
Eropa
§
Dataran Tinggi Rusia
(Rusia), Perbukitan Volga (Rusia),
Dataran Po (Italia), Dataran Alford/Hongaria (Hongaria)
§ Danau/Laut
Kaspia (Rusia), Danau Onega (Rusia), Danau Ladoga (Rusia), Sungai Volga
(Rusia),
§
Sungai Don (Rusia),
Sungai Dniper (Rusia), Sungai Danube (Rumania, Bulgaria, Yugoslavia, dan
Hongaria), Sungai Oder (Jerman), Sungai Ebro (Spanyol), Sungai Elbe
(Jerman), Sungai Rhine (Jerman), Sungai Rhone (Prancis), Sungai Seine
(Prancis), Sungai Loire (Prancis),Sungai Thames(Inggris)
§
Wilayah Eropa
memiliki iklim dingin dan sedang. Empat jenis musim diEropa, yaitu musim
panas, gugur, dingin, dan semi.
§
PendudukWilayah
Eropa terdapat tiga kelompok bangsa, yaitu bangsa Jermania,Romania, dan
Slavia.
§
Kenampakan buatan
Benua Eropa yang terkenal : Canary Wharf Building di Inggris, Gedung Parlemen
Eropa di Storasbourg, Menara Eiffel di
Paris, dan Istana Rakyat di Rumania
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
32.
|
Disajikan
tabel nama-nama negara di Asia, peserta didik dapat menentukan negara-negara
yang terletak di kawasan Asia Timur/Asia Selatan/Asia Barat.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
33.
|
Peserta
didik dapat menentukan bentuk pemerintahan salah satu negara terkenal di
Eropa.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
§ Belanda : Kerajaan
§ Inggris : Kerajaan
§ Perancis : Republik
§ Jerman : Republik
§ Rusia : Republik
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
34.
|
Disajikan
gambar peta Amerika Selatan, peserta didik dapat menentukan nama sungai
terpanjang di wilayah tersebut.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
35.
|
Disajikan
gambar peta Australia, peserta didik dapat menentukan nama negara bagian
beserta ibukota yang ditunjuk.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
36.
|
Peserta
didik dapat menyebutkan salah satu hewan khas di dunia.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
§ Australia : kanguru
§ Amerika : bison,
rakun,
§ Cina : panda
§ Indonesia : komodo,
anoa,
§ Arab Saudi : onta
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
37.
|
Disajikan
tabel nama penduduk asli dan nama negara, peserta didik dapat menentukan
pasangan yang tepat.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
§ Australia : suku aborigin
§ Amerika Serikat : suku Indian, eskimo dan negro
§ Asia tenggara : suku Melayu
§ Jepang : suku Ainu
§ Jerman : suku Alpino
§ Philipina : suku Moro
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
38.
|
Peserta
didik dapat menyebutkan salah satu perilaku manusia yang menyebabkan
terjadinya bencana alam.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
§
Penebangan
hutan secara liar / Illegal loging
§
Peladangan
berpindah.
§
Pembuangan
sampah/limbah sembarangan.
§
Perluasan
industry, betonisasi
§
Kegiatan
penambangan & pengeboran
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
39.
|
Peserta
didik dapat menyimpulkan cara mengatasi gejala alam yang berkaitan dengan
kondisi geografis setempat.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
§ Melakukan penghijauan (reboisasi)
§ Melakukan kegiatan Prokasih (program kali bersih)
§ Tidak mendirikan bangunan di bantaran sungai
§ Tidak membuang sampah ke sungai
§ Mengadakan kegiatan pelatihan penanggulangan tsunami, gunung
meletus
§ Menanam pohon bakau/mangrove di sepanjang pantai
§ Melarang tindakan illegal loging dan pembakaran hutan
§ Dsb.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
40.
|
Peserta
didik dapat mengidentifikasi gejala alam yang sering terjadi yang berkaitan
dengan kondisi geografis setempat.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Dampaknya
: terjadi kerusakan tempat tinggal, ladang, sawah, mengganggu perekonomian
dan kegiatan transportasi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
41.
|
Peserta
didik dapat menjelaskan dampak positif/negatif dari salah satu bencana alam.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Gunung
meletus :
§
Abu
vulkaniknya dapat menyuburkan tanah,
§
Abu
vulkaniknya (wedus gembel) yang membubung hingga menembus lapisan stratosfer
menghalangi sinar ultraviolet matahari & pendinginan global terjadi,
mengurangi global warming.
§
Penangkap
hujan / hujan olografis
§
Memperluas
area pertanian & budidaya tanaman.
§
Barang
tambang (mineral) semakin dekat di permukaan bumi.
Banjir :
§
Mengisi
kembali air tanah
§
Menyuburkan
serta memberi nutrisi pada tanah, danau dan sungai.
§
Air banjir
menyediakan air yg cukup bagi kawasan kering (dengan curah hujan tak menentu)
§
Banjir
dimanfaatkan sebagian ikan untuk mencari habitat baru.
§
Burung
mendapatkan produk pangan yang berlimpah setelah banjir surut.
§
Daaaaaaan
kita bisa menghemat energi, karena saat banjir datang PLN mematikan arus
listrik JJJJJ tul gaaa….. walaupun terpaksa LLL
Angin Tornado
:
Di Indonesia
angin tornado dikenal dengan nama angin puting beliung.
§
Menjaga suhu
suatu daerah yg dilalui tornado agar daerah tersebut tidak terlalu
dingi/panas karena tornado membawa angina dari daerah lain yg lebih dingin ke
daerah yang lebih panas dan sebaliknya, sehingga suhu tetap normal.
§
Mungkin kalau
tidak ada tornado banyak daerah yang tetap menjadi gurun dan padang es L
§
Amerika Latin
menjadi gurun karena tidak ada angina tornado, Amerika Serikat banyak daerah
yg menjadi padang es karena tidak ada angin tornado… bagaimana??? J
Bencana alam
sudah ditetapkan oleh Allah SWT & tidak dapat dibantah/dihindari, manusia
hanya bisa membaca dari semua kejadian dan belajar dari kejadian untuk
mendapatkan hikmah & manfaat yang luar biasa…. Tapi ingat yaaa harus
tetap jaga keseimbangan alam ok… J
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
42.
|
Peserta
didik dapat mengidentifikasi perubahan manusia sebagai akibat dari pengaruh
globalisasi.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
§ Gaya hidup : unsur
budaya asing yang masuk mempengaruhi dan mengubah cara berpikir, cara
bekerja, dan cara hidup. Diantaranya adalah berpikir terbuka, logis,
rasional, disiplin, dan menghargai waktu (time is money).
§ Pakaian : pakaian
yang digunakan pada acara-acara resmi saat ini adalah stelan jas karena
pakaian ini sudah menjadi baju internasional. Selain setelan jas, ada
t-shirt, gaun dsb.
§ Makanan : adanya
arus globalisasi selera dan pilihan makanan semakin beragam, dengan munculnya
makanan khas dari berbagai negara dan makanan cepat saji yang di dukung
dengan menjamurnya restoran-restoran khas barat dan Chinese Food
§ Komunikasi : semakin
berkembangnya tekhnologi komunikasi yang beragam seseorang mudah melakukan
komunikasi dan mencari informasi dengan menjelajah dunia dengan cepat dan
mudah.
§ Transportasi : di era
globalisasi kemajuan teknologi mempercepat penciptaan alat transportasi yang
semakin canggih dan membuat jarak yang jauh menjadi lebih mudah dan cepat
ditempuh dalam melakukan perjalanan.
§ Nilai tradisi : di era
globalisasi sulit ditemui nilai-nilai tradisi asli suatu daerah, hal ini
disebabkan arus informasi dan komunikasi yang mempengaruhi kebudayaan
masyarakat. Akibatnya nilai budaya mulai luntur dan bercampur dengan tradisi
baru (budaya asing).
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
43.
|
Peserta
didik dapat menyebutkan salah satu dampak positif dari globalisasi dengan
benar.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Dampak
positif :
§ Kegiatan ekonomi dan perdagangan terjadi di seluruh dunia tanpa
mengenal batas Negara.
§ Iptek berkembang dengan sangat pesat.
§ Arus pergerakan barang dan jasa menjadi lebih mudah dan lancer.
§ Berbagai pengaruh budaya asing dapat memperkaya budaya local.
§ Arus globalisasi menambah wawasan seseorang dan mendorong
seseorang untuk berpikir kritis dan logis.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
44.
|
Peserta
didik dapat menemukan/menjelaskan dampak positif/negative dari era
globalisasi terhadap kehidupan bangsa Indonesia.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Dampak
positif :
§ Kegiatan ekonomi dan perdagangan terjadi di seluruh dunia tanpa
mengenal batas Negara.
§ Iptek berkembang dengan sangat pesat.
§ Arus pergerakan barang dan jasa menjadi lebih mudah dan lancer.
§ Berbagai pengaruh budaya asing dapat memperkaya budaya local.
§ Arus globalisasi menambah wawasan seseorang dan mendorong
seseorang untuk berpikir kritis dan logis.
Dampak
negatif :
§ Lunturnya penggunaan produk lokal/dalam negeri.
§ Pengamalan agama terancam karena masuknya paham liberalisme &
komunisme.
§ Hubungan kekeluargaan menurun karena kesibukan kerja.
§ Kesenian tradisional kurang diminati anak muda.
§ Lebih memilih tempat-tempat hiburan modern dari pada
tempat-tempat wisata daerah.
§ Masyarakat cenderung bersifat individualistis, rasa gotong royong
mulai menipis.
§ Peran Negara dikurangi dalam kegiatan perdagangan bebas.
§ Masuknya perusahaan2 multinasional yang dapat mematikan
perusahaan2 lokal.
§ Kerusakan lingkungan/SDA, akibat banyaknya perluasan industri.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
45.
|
Peserta
didik mampu menjelaskan pengaruh globalisasi terhadap berbagai aspek dalam
kehidupan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Pengaruh globalisasi membawa perubahan pada perilaku
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari seperti gaya hidup, cara berpakaian,
makanan yang dikonsumsi, kemajuan tekhnologi dalam bidang komunikasi dan transportasi, serta mulai
lunturnya nilai-nilai tradisi budaya bangsa.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
46.
|
Peserta
didik dapat mendeskripsikan pengertian salah satu kerjasama
bilateral/multilateral/regional.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
§ Kerja sama bilateral adalah : kerja sama antara 2 negara
§ Kerja sama regional adalah : kerja sama negara-negara dalam suatu kawasan
§ Kerja sama multilateral adalah : kerja sama dengan banyak negara
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
47.
|
Peserta
didik dapat mendeskripsikan pengertian salah satu alas an berdirinya
perusahaan asing di Indonesia.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
§ Bahan baku yang mudah didapat
§ Tenaga kerja yang murah dan mudah didapat
§ Letak geografis yang strategis
§ Lahan yang luas
§ Konsumen atau pembeli yang besar
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
48.
|
Disajikan
tabel keuntungan/kerugian keberadaan perusahaan asing di Indonesia, peserta
didik dapat menentukan keuntungandan kerugian dengan benar
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Keuntungan
:
§ Menyediakan
lapangan pekerjaan (mengurangi pengangguran)
§ Menambah
devisa Negara
§ Kebutuhan
masyarakat tercukupi
§ Mempercepat
alih tekhnologi
Kerugiannya
:
§ Pencemaran
dan kerusakan lingkungan
§ Adanya
alih fungsi lahan
§ Masyarakat
berperilaku konsumtif
§ Masyarakat
tidak sepenuhnya menikmati SDA
§ Ketergantungan
Negara pada utang luar negeri & investasi asing
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
49.
|
Peserta
didik dapat menyebutkan salah satu komoditas ekspor Indonesia.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Hasil pertanian :
kedelai, jagung, beras, tebu.
Hasil hutan :
kayu, rotan, damar, kemenyan
Hasil perikanan :
udang, ikan tuna, cumi-cumi, ubur-ubur, kerang, mutiara
Hasil peternakan :
daging kalengan
Hasil perkebunan :
getah karet, gula, teh, kopi, lada hitam/putih, biji coklat
Hasil industry :
pakaian jadi, kayu lapis, kain tenun, tekstil, minyak kelapa sawit, semen
Hasil tambang
nonmigas : tembaga, timah, aluminium, nikel, bijih besi, batu bara.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
50.
|
Peserta
didik dapat menentukan dampak negative/positif kegiatan ekspor impor bagi
Indonesia.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Dampak
positif kegiatan ekspor impor di Indonesia :
§
Meningkatkan
hubungan antar Negara
§
Mendorong
kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
§
Kebutuhan
setiap negara tercukupi
§
Meningkatkan
pertumbuhan ekonomi rakyat
§
Memperoleh
keuntungan memperluas lapangan kerja
Dampak negatif kegiatan ekspor impor di Indonesia :
§
Masuknya arus
globalisasi (budaya barat)
§
Pudarnya
nilai-nilai budaya tradisional
§
Masyarakat
menjadi lebih konsumtif
§
Sifat
individualistis mulai muncul
|
Komentar
Posting Komentar